Jasa Pembuatan Software Program Aplikasi - Jasa Pembuatan Website Profesional

11.14.2014

Jogja Software Luncurkan Software Pengolahan Nilai Siswa SIPS

Jogja Software Luncurkan Software Pengolahan Nilai Siswa SIPS
Kurikulum 2013 adalah merupakan kurikulum baru diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaan di tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah percobaan.

Di tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Diharapkan, pada tahun 2015 telah diterapkan di seluruh jenjang pendidikan. Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika. Materi pelajaran tersebut (terutama Matematika) disesuaikan dengan materi pembelajaran standar Internasional sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan pendidikan di dalam negeri dengan pendidikan di luar negeri.

Adaptasi dengan sistem baru sering kali mengganggu guru atau siswa dalam kegiatan belajar. Salah satunya dalam pendataan nilai raport sekolah. Penilaian pada Kurikulum 2013 di Sekolah berbeda dengan penilaian dengan kurikulum sebelumnya. Sesuai dengan Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

1. Pengetahuan

Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menambah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini, jenjang SD memiliki bobot pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter, jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter, dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. Kurikulum 2013 memang diintegrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.

2. Keterampilan
Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat, melaksanakan, dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatih sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal, keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek, keterampilan membuat teks, dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.

3. Sikap dan Perilaku
Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian, teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai, dan oleh diri sendiri.

Jogja Software melalui produknya menawarkan Software Sistem Informasi Penilaian Siswa (SIPS) untuk raport di sekolah di berbagai jenjang pendidikan. Proses pendataan nilai raport untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada Kurikulum 2013 mencakup penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.

Dengan  SIPS memudahkan guru dalam pengolahan nilai lebih mudah, cepat dan efisien hingga tercetaknya raport tanpa menganggu tugas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Di pertengahan tahun 2013 produk ini mulai diujicobakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 57 Jakarta kemudian disusul di SMK lain seluruh Ibukota Jakarta.  Tanggapan positif dari pihak sekolah menjadikan Jogja Software terus bergerak menyempurnakan produk untuk sekolah ini.

Untuk selengkapnya mengenai produk ini silahkan mengunjungi halaman Sistem Informasi Penilaian Siswa.

Sosial Media