Jasa Pembuatan Software Program Aplikasi - Jasa Pembuatan Website Profesional

12.19.2013

8 Cara Cepat Aman Membasmi Virus Win32 Sality

Virus Sality  menginfeksi dan merusak file exe / com / scr. Ukuran file yang sudah terinfeksi Sality akan bertambah besar beberapa KB dan masih dapat di jalankan seperti biasa. Virus ini akan menge-blok antivirus atau removal tools, task manager atau registry editor di Windows. Penyebarannya virus selain memanfaatkan File Sharing dan Default Share virus ini juga akan memanfaatkan media Flash Disk dengan cara membuat file acak dengan ekstensi exe/com/scr/pif serta menambahkan file autorun.inf

Virus Sality memang salah satu virus yang sangat bandel, mudah terserang tapi sulit untuk di berantas atau dihapus. Kebanyakan Script sality diperlengkap dengan anti-delete, yaitu sesaat kitameng-copy/ cut atau meng-karantina, virus itu akan muncul lagi, nah script ini disebut wscript (VBS) yang di-compile.
8 Cara Cepat Aman Membasmi Virus Win32 Sality

 Bagaimana Cara Cepat Aman Membasmi Virus Win32 Sality ?

Antivirus lokal saat ini belum mempan membabat habis jenis cirus ini. Berikut cara-cara tepat untuk membasmi virus jahat tersebut:

1. Putuskan Akses Internet atau Wireless.
2. Matikan Autoplay/ ­Autorun, dengan cara masuk ke Control Panel>Hardware and Sound>Autoplay> ­lalu hilangkan tanda ceklist.
3. Matikan Proses-proses misterius yang sedang berjalan dengan task manager atau program pemutus lainnya.
4. Masuk ke Drive yang terinfeksi, jika ada File yang bernama Autorun.inf, Hapus saja!
5. Setelah itu kita beranjak ke bentuk fisik si sality, biasanya berekstensi *.exe atau *.pif, dari mana tahu jika file tersebut virus sality? Anda bisa menggunakan smadav, lalu masuk ke drive tersebut, secara otomatis terdeteksi smadav dan diberitahukan nama virus-nya.
6. Rename dengan menggunakan nama acak.
7. Ganti ekstensi, misal: yang tadinya ia *.exe, ganti menjadi *.doc, *.jpg, atau lainnya.
8. Hapus (Del + Shift), Virus Sality takakan kembali lagi!

Langkah ini merupakan langkah cepat aman membasmi virus Win32 Sality. Jangan salah menghapus atau memformat data, karena bisa berakibat fatal. Untuk lebih bersih silahkan gunakan antivirus seperti avira, eset, anti vir, avast atau lainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Sosial Media